Mirrorless dan DSLR, Siapa yang terbaik?

by 11:10 AM 2 comments

sumber gambar: fstoppers.com


               Banyak sekali 'kegalauan' yang dilanda oleh berbagai orang yang ingin membeli kamera, dan pertanyaan yang sering muncul adalah, mana yang lebih baik, apakah camera DSLR(Digital Single Lens Reflex) atau camera Mirrorless yang berukuran sangat compact itu? Sampai sekarang seorang photographer maupun mereka yang akan membeli camera yang hanya untuk sekedar menghasilkan foto dengan hasil yang sempurna pasti akan dilanda kebingungan manakah camera yang cocok untuk dirinya. Camera DSLR dulu dianggap sebagai camera yang dapat menghasilkan hasil yang sempurna karena kita dapat mengganti pasang lensa-lensa yang diberikan oleh produsen kamera, seperti lensa tele, lensa wide, lensa fish eye, lensa normal, dan lensa fix. Tetapi tentu saja untuk menghasilkan hasil yang sempurna, camera DSLR memiliki body yang cukup besar dan terkadang untuk sebagian orang yang ingin fokus berliburan, membawa camera DSLR menjadi sesuatu yang agak menjengkelkan dan mengganggu. Seiring dengan perkembangan teknologi, salah satu produsen camera menciptakan camera yang diberi nama Mirrorless, yaitu sebuah camera yang dapat diganti lensanya, tetapi tidak ada cermin pantul seperti camera DSLR pada layaknya sehingga body dari camera Mirrorless menjadi sangat ringkas dan mudah untuk diajak berpegian. 


Struktur Camera DSLR
sumber: vimeo.com

              Jika melihat gambar diatas, kita bisa melihat adanya cermin yang memantulkan imaji dari lensa ke viewfinder bagi photographer. Karena adanya cermin tersebut, camera DSLR memiliki body yang cukup besar untuk dibawa kemana-mana. Tetapi untuk sebagian orang, body besar dari DSLR justru dirasa sangat pas untuk memotret dan tentu saja terasa 'feel' professional ketika kita memegang camera DSLR tersebut. Alasan orang-orang dalam membeli camera DSLR adalah sensor dari camera tersebut yang lebih besar jika dibandingkan dengan camera compact atau camera handphone. Dengan besarnya sensor tersebut, tentu kita akan mendapatkan kualitas gambar yang sempurna. Tetapi karena bodynya yang terasa cukup besar dan berat,  banyak traveller akhirnya berpindah ke camera compact karena mereka tidak mau membawa camera yang akan menganggu liburannya. Camera compact memiliki keterbatasan pada sensornya yang kecil dan lensanya yang tidak dapat diganti-ganti.  Inilah masalah yang timbul pada banyak orang yang akhirnya dipelajari oleh produsen camera untuk menciptakan sebuah camera yang dapat menghasilkan hasil yang bagus, tapi kita bisa mengganti-ganti lensanya. Akhirnya camera ini disebut sebagai camera mirrorless, dimana tidak ada cermin yang memantulkan ke viewfinder tetapi mempunyai sensor yang besarnya sama dengan camera-camera DSLR pada umumnya. 


Perbedaan Structure DSLR vs Mirrorless
sumber: https://gaptek28.files.wordpress.com
                
               Dari gambar tersebut, terlihat sekali beda ukuran antara DSLR dan mirrorless dimana camera mirrorless lebih ringkas dari camera DSLR tanpa mengorbankan ukuran sensor dan anda tetap dapat mengganti lensa pada camera mirrorless. Tetapi karena ukurannya yang ringkas, mirrorless tidak mempunyai viewfiner pentaprisma seperti DSLR yang terasa sangat akurat, camera mirrorless menggunakan viewfinder electronic. Untuk sebagian pengguna camera film atau pengguna 

DSLR, tentu ini merupakan salah satu masalah yang serius, tetapi untuk sebagian orang yang terbiasa dengan viewfinder electronic, tentu akan terbiasa karena viewfinder electronic bisa melihat langsung bagaimana hasil yang akan kita foto ketika keluar di lcd camera.  Produsen-produsen besar camera, seperti Canon Nikon, Olympus(salah satu pelopor mirrorless) ,dll sudah mulai main di segmen Mirrorless ini dan bisa disebut bahwa mirrorless merupakan camera masa depan. 
                  Tentu saja kedua camera tersebut memiliki kelebihan  dan kekurangan yang masing-masing memiliki benefit yang berbeda.

DSLR atau Mirrorless?

                  Inilah jawaban yang ditunggu-tunggu, jadi pilih DSLR atau mirrorless? Disini saya akan menjelaskan kelebihan dan kekurangan masing-masing camera. 
Kelebihan-kelebihan yang akan kita dapat ketika membeli camera DSLR yaitu viewfinder. Viewfinder dari camera DSLR lebih jernih, akurat dan tidak silau jika ada matahari dan tentu saja tidak memakan baterai jika dibandingkan dengan electronic viewfinder. Selain itu bagi sebagian orang, grip dari camera DSLR yang mantap ditangan menjadi sebuah keunggulan, biasanya ketika digunakan untuk memotret sesuatu yang bergerak cepat atau action photography. Ketika dipasang lensa tele yang panjang pun, camera DSLR yang memiliki body cukup besar masih stabil untuk digunakan. Selain itu untuk masalah seberapa cepat dalam anda memfokus dan FPS(Frame per Second) pada kedua kamera tersebut, DSLR sampai sekarang ini masih mengungguli berbagai camera mirroless keluaran terbaru sekalipun. DSLR professional dapat memotret diatas 10FPS dan dapat memfokus objek bidikan secara cepat dan tepat, dan ini lah yang membuat mirrorless belum bisa menggantikan DSLR. Tetapi kita tidak bisa memprediksi teknologi, mungkin saja untuk di masa depan, mirrorless dapat menyaingi kecepatan dari DSLR. Selain itu poin plus ketika membeli kamera DSLR adalah sangat banyaknya pilihan lensa dan juga aksesoris-aksesoris camera yang ada di pasaran, tetapi sekali lagi, karena mirrorless disebut sebagai camera masa depan, pastinya produsen camera mirrorless akan menambah amunisinya untuk memanjakan pengguna camera mirrorless dengan banyaknya pilihan lensa dan berbagai aksesoris. 
                    Kelemahan-kelemahan pada DSLR yaitu bodynya yang cukup besar dan berat yang bagi sebagian orang, ini merupakan halangan ketika ingin berpegian tetapi ingin mendapatkan hasil foto yang baik. Selain itu ada pada  gerakan cermin dari dslr. Suara terkeras yang terdengar saat kita memencet shutter berasal dari gerakan membuka atau menutupnya cermin , terkadang ini membuat sedikit getaran pada hasil foto, tetapi ini bukan merupakan masalah serius,
                 Untuk Camera mirrorless, kelebihan-kelebihan yang akan ada dapat adalah ukuran dari camera itu sendiri. Bayangkan, hasil yang sangat baik pada DSLR akan anda dapatkan dengan ukuran camera yang sangat compact ketika berpergian, itulah benefit yang akan anda dapat ketika menggunakan kamera mirrorless. Jika anda seorang traveler atau orang yang seneng berpergian sambil mengabadikan foto, tentu camera mirrorless merupakan pilihan tepat karena bodynya yang ringkas yang tidak berat jika dibandingkan dengan camera-camera DSLR.  Tidak adanya cermin pada mirrorless juga sebuah keuntungan yang anda dapat, karena akan terasa lebih senyap dan minim 'shake' jika dibandingkan dengan DSLR pada umumnya. Selain itu untuk sebagian orang, Electronic Viewfinder merupakan salah satu keunggulan karena apa yang anda bidik,  merupakan hasil yang akan anda dapat ketika anda menjepret hasil foto. Tetapi disisi lain, electronic viewfinder juga bisa dijadikan sebagai kelemahan camera mirrorless karena jika pada siang hari yang terik, terkadang viewfinder terasa silau jika dibandingkan dengan kejernihan viewfinder DSLR. Selain itu view finder mirrorless membuatnya menjadi lebih boros baterai dibandingkan camera DSLR. Mode Continous shooting camera mirrorless sampai saat ini, bisa dibilang cukup tertinggal dengan camera DSLR yang canggih-canggih, tetapi sekali lagi saya tekankan, tidak akan ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan, tentu camera mirrorless akan terus berkembang dan mungkin saja camera DSLR akan mengalami penururan penjualan karena kamera mirrorless ini.  

Kesimpulan

              Jika anda tetap ingin tahu jawaban mana yang lebih baik antara DSLR dan Mirrorless, disini saya ingin menjawab bahwa kedua jenis camera ini tidak ada yang lebih bagus atau lebih jelek
Ini semua tergantung dari anda, jenis camera apa yang sesuai dengan kebutuhan anda. Kedua jenis camera ini saling melengkapi, memiliki poin plus dan minus pada masing-masing camera. Untuk anda seseorang yang ingin memotret berbagai kegiatan yang membutuhkan fokus cepat atau berbagai kegiatan olahraga yang membutuhkan continous shooting yang cepat, sampai saat ini saya lebih merekomendasikan untuk memilih DSLR. Bagi yang suka menggunakan lensa tele yang berukuran relatif panjang, DSLR ideal untuk menopangnya. Bodynya yang besar dan berat, justu akan menimbulkan 'feel" yang berbeda bagi seorang fotografer. Baterai dari DSLR pun untuk saat ini bisa dibilang lebih irit dari mirrorless karena mirrorless menggunakan EVF(electronic view finder). Jika anda seorang traveler, yang suka berpegian jauh dan senang untuk mengabadikannya dengan memotret tanpa ingin membawa camera yang besar, mirrorless adalah pilihan yang tepat. Berat dan bobotnya yang kecil tentu tidak akan terlalu mengganggu kegiatan liburan anda dan anda tetap mendapatkan hasil yang sama dengan DSLR. Bagi anda pengguna camera compact yang tidak biasa untuk membidik dengan viewfinder dan terbiasa dengan live preview(hasil pada lcd sebelum memotret sama dengan hasil saat sesudah memotret), mirrorless adalah pilihan yang tepat. Masalah harga, kedua jenis camera ini memiliki harga yang hampir-hampir sama( di level yang sama ), sehingga kita tidak bisa membandingkan kedua jenis camera ini dari segi harga. 
            Disini saya bisa melihat perkembangan mirrorless yang cukup pesat, mulai dari pembenahan fokus dari camera tersebut, continous shooting, electronic viewfinder yang semakin canggih, dll. Bukan tidak mungkin, di kisaran waktu 5-10 tahun, pengguna mirrorless akan menyaingi pengguna DSLR dan mungkin saja, pengguna mirrorless lebih banyak dari pengguna DSLR. Produsen DSLR terkenal seperti Canon dan Nikon sudah masuk ke segmen mirrorless ini karena mereka pun tahu, mirrorless merupakan calon camera masa depan yang kemungkinan akan mengganti DSLR dikemudian hari. Akhir kata, mungkin camera akan membantu anda untuk mendapatkan hasil jepretan terbaik, tetapi faktor yang paling berpengaruh terhadap hasil foto terbaik bukanlah sebuah camera, melainkan the man behind the gun

Harley Geraldy

Developer

Harley Geraldy
Prasetiya Mulya Business School
Majoring in Marketing
26th September 1994.

2 comments:

  1. terimakasih sangat membantu buat saya dalam memilih untuk membeli camera (y)

    ReplyDelete
  2. sangat menarik perbedaanya, tpi untuk sya DSLR msih mnjdi pgangan yg mantap, trima kasih

    ReplyDelete