Samsung Galaxy S6, Raja dari Smartphone Android?

by 1:16 AM 0 comments

              Ketika mendengar kata Samsung, tentu produk yang paling kita ingat adalah Smartphone keluarannya yang mampu bersaing dengan Smartphone dari Apple yang bernama Iphone. Setiap tahunnya, iphone dan samsung berlomba-lomba untuk mengeluarkan smartphone tercanggihnya dengan berbagai fitur-fitur kelas atas. Jika pada September 2014 kemarin Apple baru memperkenalkan 2 smartphone andalannya yang bernama Iphone 6 dan Iphone 6 Plus, pada tanggal 1 Maret 2015 di event MWC 2015 ( Mobile World Congress) , Samsung memperkenalkan top flagship dari smartphoneya, Samsung Galaxy S6 dan Samsung Galaxy S6 Edge. Sebagai smartphone dengan segmen dan level yang sama dengan Iphone 6, tentu Samsung mempersenjatai Samsung Galaxy S6 ini dengan fitur-fitur yang sangat luar biasa dan perubahan design yang terlihat sangat elegan. Produsen asal korea ini tidak main-main dalam membuat sebuah flagship smartphone, Samsung yang selama ini identik dengan smartphone yang terbuat dari plastik mulai dari smartphone level bawah sampai paling tinggi, kini di Samsung Galaxy S6 sudah menggunakan body Metal. Para pengguna Samsung akhirnya mampu mencicipi smartphone flagshipnya yang bertahun-tahun menggunakan bahan plastik yang pada akhirnya dibuat dengan bahan full metal yang tidak kalah solid dengan bahan dari Iphone 6. Design dari Samsung Galaxy S6 pun terlihat lumayan berbeda dengan adiknya, Samsung Galaxy S5, dan menurut pandangan saya, terlihat sedikit menyerupai design Iphone 6?
               Design dari Samsung Galaxy S6 mengalami perubahan yang cukup 'noticeable' dibandingkan dengan adiknya, Samsung Galaxy S5. Ukuran dari layar masih sama, yaitu 5'1 inch. Design ini sedikit menyerupai Iphone 6 jika menurut pandangan saya dan sekarang Samsung memiliki body yang terbuat dari metal sehingga smartphone ini semakin kokoh dan solid dibanding  pendahulunya. Bagi beberapa orang, ukuran 5'1 inch agak sedikit terlalu besar dan kurang pocketable, tetapi masih enak untuk digenggam secara satu tangan. Samsung Galaxy S6 ini sudah dilengkapi dengan 4G(LTE), tetapi untuk konsumen Indonesia saya belum bisa memastikan apakah Samsung Galaxy S6 ini akan memiliki fitur 4G seperti Samsung Galaxy S5  yang dipasarkan di Indonesia tidak memiliki fitur 4G ini.
             

 Dari segi layar, Samsung mempersenjatai Samsung Galaxy S6 ini dengan layar Super AMOLED 5.1 inches dengan resolusi  sebesar 2560 x 1440! Resolusi tersebut merupakan 2x lipat dari resolusi FULL HD (1980 x 1020) yang ada pada Samsung Galaxy S5, tentu dengan bertambah 2x lipat, Samsung Galaxy S6 ini memiliki layar yang sangat-sangat tajam, apalagi dipadan dengan Super AMOLED Display dari Samsung yang memiliki warna yang kontras. Layar dari Samsung Galaxy S6 ini sudah dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass 4 yang sungguh kuat dan anti goresan(pemakaian wajar). Anda akan mendapatkan layar yang sangat fantastis dari smartphone Samsung ini dan tentu dengan kisaran harga Euro 600 ,ini merupakan fitur yang sangat worth it to buy. 

            Operating System dari Samsung Galaxy S6 ini sudah dilengkapi dengan Android 5.0.2, yaitu Lollipop yang digabung dengan Touchwiz UI khas dari Samsung. Dari segi prosesor, Samsung menanamkan Octa Core yang terdiri dari  Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & Quad-core 2.1 GHz Cortex-A57 dan RAM sebesar 3GB. Yang patut kita lihat dari segi memory, Samsung Galaxy S6 ini sudah tidak mempunyai External Card Slot, bagi sebagian orang mungkin ini merupakan masalah yang serius, apalagi smartphone Samsung Galaxy Tipe S sudah bertahun-tahun menggunakan eksternal card slot. Samsung Galaxy S6 mengikuti jejak Iphone yang langsung memberikan harga berdasarkan Internal Memory ( 32/64/128GB). Ini berbeda dengan Samsung Galaxy S5 yang dimana anda masih bisa menggunakan kartu micro sd eksternal sehingga lebih fleksibel dalam menyimpan berbagai data-data. 

             Salah satu perubahan yang ada pada Samsung Galaxy S6 dibandingkan adiknya S5 yaitu fingerprint. Fingerprint dari Samsung Galaxy S6 dirombak menjadi lebih canggih sehingga 'feel' ketika memakai fingerprintnya sudah menyerupai Iphone 6. Sekarang anda tinggal menaruh jari anda di tombol home screen, berbeda dengan Samsung Galaxy S5 yang dimana anda harus me-swipe dari atas ke bawah. Selain itu Samsung juga memperkenalkan Samsung Pax, dimana fingerprint tersebutlah yang menjadi password atau securitynya,  Samsung memberi nama ini sebagai Samsung Pay. Fitur Samsung Pay ini juga memerlukan fitur NFC dari Samsung. 
              Samsung memberikan improvement dari segi camera, Samsung menanamkan 16 Megapixel, resolusi sebesar 2988 x 5312 pixels, dilengkapi dengan Optical Image Stabilization dan LED flash yang sangat terang. Camera depan dilengkapi dengan camera 5 Megapixel yang bisa merekam dengan resolusi 1080p. Dari segi video, camera Samsung sanggup merekam  dengan resolusi 2160p di 30 FPS, sebuah resolusi yang lebih besar dari resolusi Full HD. Samsung memperbaiki autofocus dari Samsung yang menurut techradar.com, autofocus sangat cepat bahkan dikondisi gelap dan mampu memberikan noise yang sangat minim untuk sebuah smartphone yang memiliki sensor lebih kecil dari camera compact. 

               Salah satu masalah yang disayangkan oleh pecinta Samsung adalah Samsuns Galaxy S6 ini sudah tidak lagi mengusung body yang waterproof dan dustproof seperti Samsung Galaxy S6. Ini menimbulkan berbagai kekecewaan bagi pecinta Samsung karena bisa dibilang ini merupakan salah satu downgrade jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy S5. Mungkin Samsung ingin lebih fokus menciptakan smartphone premium seperti Iphone 6 dan tidak ingin bersaing dengan Sony Xperia yang terkenal dengan Smartphone yang bisa dipakai di segala kondisi. Ada lagi salah satu kekecewaan yang terdapat pada Samsung Galaxy S6 ini, yaitu penurunan tingkat baterai  menjadi 2550 MAH dimana sebelumnya di Samsung Galaxy S5 memiliki daya sebesar 2800MAH. Samsung dibilang cukup berani untuk menurunkan tingkat baterai dari sebuah smartphone flagship ini, apalagi faktor baterai merupakan sebuah yang krusial dan sebagian besar orang mengeluhkan smartphonenya yang harus di charge kurang lebih setiap hari sekali. Selain itu baterai dari Samsung Galaxy S6 ini tidak bisa di lepas ganti, tidak seperti adiknya S5 yang bisa di lepas ganti. Tetapi saya belum bisa mengambil kesimpulan apakah Samsung Galaxy S6 ini akan lebih boros baterai jika dibandingkan adiknya, mungkin saja seiring perkembangan teknologi, Samsung Galaxy S6 ini akan lebih irit. 
               Sampai saat post ini dibuat, bisa dibilang fitur-fitur dari Samsung Galaxy S6 merupakan salah satu yang sangat berlimpah dan tercanggih yang ada di pasaran. Apakah ini bisa dibilang sebagai raja dari smartphone Android? Jika dilihat dari segi design, performa, kualitas layar, dll , untuk saat ini Samsung Galaxy S6 merupakan smartphone raksasa yang sangat canggih. Smarthpone ini benar-benar memiliki design premium karena dibalut oleh body metal, kualitas kayar QHD Super Amoled yang sangat tajam. Tentu Samsung Galaxy S6 sebagai salah satu market leader di smartphone harus terus melakukan inovasi-inovasi yang brillian agar tidak tertinggal dengan kompetitornya, seperti Apple , LG , Sony, dll. Smarthpone Samsung Galaxy S6 ini sudah lebih dari cukup untuk orang-orang yang tiap harinya menggunakan smartphone untuk berbisnis atau hanya sekedar untuk berkomunikasi dengan teman, saudara atau keluarga. Rumor mengatakan, kisaran harga Samsung Galaxy S6 ini berada pada 8-11 juta Rupiah. Bila dilihat dari semua fitur-fitur yang diberikan Samsung, uang yang jumlahnya cukup besar tersebut merupakan sesuatu yang worth it to buy, apalagi bila anda pecinta brand dari  Samsung itu sendiri. 




Harley Geraldy

Developer

Harley Geraldy
Prasetiya Mulya Business School
Majoring in Marketing
26th September 1994.

0 comments:

Post a Comment