Sony Xperia M4 Aqua, Mid Range 'Rasa' High End

by 9:32 AM 2 comments
        
       

      Sony Xperia M4 Aqua merupakan smartphone terbaru dari Sony dimana Sony menempatkan Smartphone ini dilevel Mid Range. Sony Selalu menyuguhkan smartphone-smartphone dengan design yang memukau tanpa mengabaikan perfomancenya, ini lah yang coba mereka terapkan pada Smartphone Sony Xperia M4 Aqua ini. Sony memasukkan berbagai feature-feature tinggi yang dibalut dengan design elegan ke Sony Xperia M4 Aqua ini. Jika dilihat secara sekilas, design dari Sony Xperia M4 Aqua ini hampir menyerupai Sony tipe Z walaupun bahan dari bodinya masih
terbuat dari plastik, tetapi masih memberikan kesan mantap untuk dipegang. Sony Xperia M4 Aqua
sudah dilengkapii dengan body yang Waterproof dan Dustproof yang bersetifikat IP68( debu dan air yang tahan sampai kedalaman 1.5 Meter dan waktu maksimal 30 menit). Smartphone ini juga dilengkapi dengan teknologi 4G (Support GSM/ HSPA/ LTE).
         
  Sony menyuguhkan layar sebesar 5"inch IPS LCD yang dibalut dengan Scratch Resistant Glass( Kaca Anti Goresan) dengan resolusi sebesar 1280 x 720 ( 294 ppi pixel density). Mungkin untuk sebagian orang yang terbiasa menggunakan smartphone dengan resolusi 1920 x 1080 (Full HD) akan terasa perbedaan ketajaman layar ketika melihat layar Sony Xperia M4 Aqua ini, tetapi untuk smartphone dengan harga sebesar $330 ( Euro 299) ini merupakan fitur yang sudah sangat 'Worth It' untuk didapatkan. Layar sebesar 1280 x 720 (HD) sudah lebih dari cukup untuk sebagian orang karena sudah  menampilkan ketajaman yang cukup bagi mata kita.

           Jika melihat jeroan dari Sony Xperia M4 Aqua ini, Sony menanamkan Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615, dengan RAM sebesar 2GB dan prosesor Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & quad-core 1.0 GHz Cortex-A53 64 Bit . Untuk smartphone yang bermain di segmen midrange, tentu saja prosesor dan RAM yang ditawarkan sudah lebih dari cukup. Sony Memberikan Sony Xperia M4 Aqua dua buah prosesor Quad Core ( bisa dibilang Octa Core). Untuk memori internal, Sony memberikan pilihan 8GB atau 16 GB Internal memory dimana ini bisa ditambah dengan Micro SD Card sebesar 32GB. 

           Dari Segi Camera, Sony Xperia M4 Aqua ini dibekali dengan Camera sebesar 13 Megapixel di camera depan dan 5 Megapixel dengan sensor Exmor Rs andalan Sony. Untuk sebuat smartphone, resolusi 13 Megapixel sudah lebih dari cukup. Sony menanamkan feature HDR(High Dynamic Range) di cameranya. Camera depan dari Sony Xperia M4 Aqua yang beresolusi 5 Megapixel ini memiliki Wide Angle Lens (22mm Wide Angle Lens) sehingga bagi anda yang senang untuk selfie, smartphone ini mungkin cocok untuk anda. 

           Salah satu fitur andalan Sony sejak Sony Xperia Z diperkenalkan adalah Waterproof dan Dustproof.  Sony mengklaim bahwa Sony Xperia M4 Aqua ini dapat 'berenang' sampai kedalaman 1.5 Meter dalam waktu maksimal 30 menit (IP65/IP68). Yang Menarik disini adalah colokan usb untuk mengisi mengisi daya pada Sony Xperia M4 Aqua yang sudah tidak dilengkapi dengan pelindungnya seperti smartphone-smartphone sony lainnya yang memiliki feature waterproof dan dustproof. Ini berarti anda tidak perlu untuk membuka tutup colokan usb anda ketika anda ingin menyelupkan Sony Xperia M4 Aqua ini ke dalam air. Sony Menanamkan tombol camera di desain bodynya yang bisa membuat anda memfoto dan merekam video didalam air. Anda tidak bisa menggunakan fitur touch screen ketika smartphone Sony Xperia M4 Aqua ini dicelupkan atau ditenggelamkan ke air. 

            Battery merupakan salah satu fitur yang belakangan ini orang butuhkan dari sebuah smartphone. Smartphone canggih biasa hanya bertahan sehari, dan seseorang minimal harus mengisi daya smartphonenya sehari sekali. Disini Sony Xperia M4 Aqua mengklaim bahwa battery yang tertanam sebesar 2400 MAH dapat bertahan selama 2 hari ( pemakaian normal). Sony juga menyediakan fitur Stamina Mode dan Ultra Stamina mode yang akan lebih memperpanjang daya tahan battery.
                    Sony Xperia M4 Aqua sudah mempunyai Operating System Android Lollipop 5.0 terbaru dari google. Operating System Android Lollipop dari Sony ini tentu saja tidak sama persis dengan versi aslinya ( Seperti Google Nexus 5 atau 6), Sony membuat sedikit perubahan pada operating Systemnya sehingga terlihat seperti User Interface yang elegan dan cool khas dari Sony. 

                    Sony tampaknya menganggap serius di segmen Mid Range yang memang sudah banyak sekali kompetitornya seperti LG, Samsung, Nokia, dll yang telah main di segmen ini. Tentu untuk menjadi salah satu market leader, Sony harus benar-benar serius dalam menambah fitur-fitur penting dan memadukannya dengan design smartphone yang cantik khas Sony. Jika dilihat dari specification dari Sony Xperia M4 Aqua, ini merupakan Smartphone Mid Range yang sangat lengkap, apalagi dilengkapi dengan fitur waterproof dan juga dustproof, sehingga customer pembeli Sony Xperia M4 Layar besar sebesar 5"inch dengan resolusi High Definition( 1280 x 720) tentu sudah lebih dari cukup untuk smartphone dikisaran harga $330. Aqua ini dapat memakai handphonenya disegala kondisi. Untuk mereka yang senang untuk berpegian sambil mengabadikannya menggunakan smartphone, Sony Xperia M4 Aqua ini memiliki camera yang sangat memadai ( 13MP kamera Belakang , 5MP kamera Depan) dan memiliki fitur auto yang sangat memadai dan juga fitur High Dynamic Range. Sony Xperia M4 Aqua tersedia dalam 3 pilihan warna, Coral , Black , and White. Harga dari Sony Xperia M4 Aqua ini dibanderol dengan harga $330 atau sekitar Rp4.000.000,00 di Indonesia.

Harley Geraldy

Developer

Harley Geraldy
Prasetiya Mulya Business School
Majoring in Marketing
26th September 1994.

2 comments: