Apple Watch, Smartwatch Stylish, Prestige dan Pintar

by 4:17 AM 2 comments

          Pada event Apple tanggal 9 September 2014, Apple memperkenalkan smartphone andalannya yaitu Iphone 6 dan Iphone 6 Plus, ini merupakan event tahunan yang paling ditunggu-tunggu Apple Fan Boy  setiap tahunnya. Biasanya di event yang selalu ada pada bulan September ini memperkenalkan Iphone seri terbarunya, tetapi pada bulan September 2014 kemarin ada satu gadget yang paling ditunggu-tunggu oleh semua penggemar Apple diseluruh dunia. Gadget ini sudah lama beredar di rumor dan sudah tersebar di berbagai forum, gadget yang paling ditunggu-tunggu ini dinamakan Apple Watch. Apple Watch merupakan jam tangan pintar yang dibalut dengan kesan prestige dari brand Apple dimana kita tidak saja bisa melihat jam, tetapi banyak sekali aplikasi berguna yang dapat memudahkan kita dalam setiap harinya. Apple watch bukan yang pertama dalam memperkenalkan smartwatch ini, brand-brand seperti Sony, Motorola, LG sudah terlebih dahulu memperkenalkan smartwatch yang berbasis operating System Android. Apple Watch ini menggunakan operating system Watch OS ( IOS-Based). Apple watch ini baru bisa di pre-order pada 10 April 2015  dan baru dilakukan pengiriman pada tanggal 24 April 2015. Smartwatch ini compatible dengan Iphone 5 keatas yang sudah menggunakan operating system IOS 8.2 Bila dilihat sekilas, smartwatch dari Apple ini terlihat sangat prestige dan premium, berbeda dengan smartwatch lainnya. Lalu apa saja keunggulan dari Apple Watch ini?


           Beda dengan smartwatch lainnya, Apple menyajikan 3 edisi yang masing-masing memiliki perbedaan dari kegunaan dan juga design. Ketiga edisi tersebut adalah Apple Watch, Apple Watch Sport dan Apple Watch Edition. Harga dari masing-masing edisi tersebut juga berbeda, dimulai dari harga yang paling murah sebesar $349 sampai $17.000! 
           
Apple Watch Sport memiliki kualitas body yang terbuat dari alumunium, yang dimana Apple mengklaim lebih enteng sebesar 30% persen dari Apple Watch yang terbuat dari Stainless Steel.Ion X Glass juga diberikan di Apple Watch Sport ini sehingga makin membuat jam tangan pintar ini semakin enteng untuk dibawa kemana-mana. Strap Jam Tangan dari Apple Watch Sport ini terbuat dari fluoroelastomer, sebuah bahan rubber yang nyaman dan sangat enteng ketika dipakai. Warna dari Strapnya terdiri dari 5 warna, yaitu Putih, biru, hijau, pink dan juga hitam. Harganya berbeda antara ukuran 38mm dan juga 42mm.
Untuk Apple Watch, jam tangan pintar ini terbuat dari stainless steel yang memiliki kualitas tinggi dari Apple. Layar dari Apple Watch ini terbuat dari sapphire yang memiliki layar retina display sehingga sangat jernih untuk dilihat. Apple Watch ini terdiri dari banyak pilihan strap, seperti strap rubber, leather, dan juga stainless steel.  Harganya sangat bervariasi, tergantung pilihan strap dan pilihan ukuran yang anda mau. Tipe
Apple Watch yang terakhir yaitu Apple Watch Edition. Dari kedua tipe lainnya, tipe ini lah yang memiliki harga relatif lebih tinggi dibandingkan yang lainnya dan terlihat lebih elegan untuk dipakai. Kualitas dari body jam tangan pintar ini terbuat dari Emas 18 Karat. Kualitas dari layarnya pun terbuat dari Sapphire Display yang sangat jernih dan kuat. Pilihan strapnya sama seperti tipe Apple Watch, leather dan juga rubber. Apple Watch Edition ini menurut Apple akan dijual terbatas di setiap Apple Storenya, harga yang paling murah berada di kisaran $10.000. Harga yang terbilang cukup mahal dan bisa mengimbangi jam-jam non smartwatch yang terkenal seperti Rolex. Bagi sebagian orang, mereka lebih baik memilik jam tangan seperti Rolex dibandingkan dengan Apple Watch Edition ini, ada yang berpendapat bahwa dalam kurun waktu satu atau dua tahun teknologinya pasti sudah tertinggal, berbeda dengan jam-jam seperti tagheuer ataupun rolex. 

Interface Apple Watch


         Apple Watch memiliki banyak fitur yang berguna untuk kehidupan sehari-hari. Interface dari Apple Watch terlihat sangat menarik dan mudah untuk dioperasikan.  Layar dari Apple watch tidak akan menyala secara terus menerus, kecuali ketika saat anda mengangkat pergelangan tangan anda, maka layar tersebut akan otomatis menyala. Tetapi ada cara lain juga untuk menyalakannya, seperti gesekan atau sentuhan pada layar sehingga layar jam tangan pintar ini bisa menyala. Apple Watch ini bisa disambungkan dengan Iphone anda, dan bisa melihat pesan yang datang di dalam jam tangan. Apple juga memasukkan fitur Siri(Voice Recognition) dimana siri dapat menawarkan anda untuk membacakan pesan yang anda terima dan bisa merekomendasikan jawaban yang cocok untuk membalas pesan anda(sejauh ini Siri hanya bisa berkomunikasi dengan bahasa Inggris). Selain itu bentuk jam dari Apple Watch pun bisa diganti tergantung kemauan dari pemakai jam tersebut. Tidak saja bisa menerima pesan, Apple Watch juga dapat menerima panggilan atau telepon, tetapi mungkin fitur ini agak sedikit susah untuk dilakukan. Tidak saja dapat mengirim pesan dengan tulisan, terdapat emoji animated yang dapat bergerak yang bisa dikirimkan ke teman atau saudara anda. Apple Watch dibenamkan sebuah built in speaker, sehingga anda bisa mendengarkan lagu di Apple Watch ini, Apple Watch ini juga memiliki GPS, dan bisa memandu anda untuk menuju ke suatu destinasi dengan mudah. Apple juga membenamkan fitur heart rate sensor pada Apple Watch yang berguna ketika anda berolahraga. 
                                                Beberapa Fitur pada Apple Watch

            Untuk masalah baterai, apple mengklaim bahwa Apple Watch ini mampu bertahan selama 18 jam, jadi untuk sehari-harinya anda harus mengisi baterai dari Apple Watch ini. Tetapi beberapa pengguna mengakui bahwa baterai Apple Watch hanya sanggup sekitar 9 jam pemakaian normal, sehingga ini merepotkan orang karena harus mengisi baterai jam tangan pintar ini berkali-kali. Faktor baterai merupakan salah satu kendala mengapa orang belum sepenuhnya bisa berpindah ke Smartwatch dibandingkan jam pada umumnya. Untuk berpergian ke luar kota atau negeri, mungkin Apple Watch bukan merupakan jam yang cocok untuk anda, karena tentu anda akan bingung ketika Apple Watch tersebut kehabisan daya dan dalam sehari Apple watch minimal harus di charge selama sekali. 
            Apple Watch merupakan smartwatch yang memiliki fitur-fitur pintar yang melinpah dan tentu akan memudahkan anda dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Bahan body dan strap dari Apple Watch terbuat dari bahan-bahan yang berkualitas tinggi, sehingga tidak salah Apple membanderol harga Apple Watch dengan harga yang dapat dikategorikan sebagai mahal. Apple mengincar orang-orang yang memiliki ekonomi middle to middle up ketika melihat harga dari smartwatch ini. Harga paling murah ada pada Apple Watch Sport dengan  Strap Rubber yang berada pada kisaran harga Rp4.000.000,00, dan yang paling mahal ada pada Apple Watch Edition dengan lapisan Emas 18 Karatnya dengan harga Rp200.000.000,00. Harga yang sedikit tidak masuk akal untuk sebuah smartwatch yang dimana teknologi setiap tahunnya akan mengalami peningkatan. Masalah yang mungkin paling menjengkelkan bagi para pengguna jam adalah baterai dari Apple Watch ini yang sangat boros dan tentu saja anda akan repot untuk mengisi baterai jam tangan pintar anda setiap harinya dibandingkan jam tangan biasa pada umumnya.




        

Harley Geraldy

Developer

Harley Geraldy
Prasetiya Mulya Business School
Majoring in Marketing
26th September 1994.

2 comments:

  1. Penggantian battery Apple Watch series 1
    Ini Caranya

    ReplyDelete
  2. Kenapa fungsi 3D touch hilang setelah penggantian lcd Apple Watch 3
    http://zapplerepair.com/kenapa-fungsi-3D-touch-hilang-setelah-penggantian-lcd-Apple-Watch-3.html

    ReplyDelete